Ukuran Kertas A5 dalam CM, Pixel, dan di Microsoft Word

Ukuran Kertas A5 – Jenis kertas yang ada di pasaran sangat beragam ukurannya, mulai dari A3, A4, dan A5. Dalam artikel ini akan dibahas lebih rinci mengenai Ukuran Kertas A5 dalam cm, mm, dan pixel. Meski ukurannya cukup kecil, faktanya kertas tersebut tidak bisa ditemukan dengan mudah. Solusinya jika Anda ingin menggunakan kertas ukuran A5, harus membagi A4 menjadi dua bagian yang sama persis. Atau bisa juga dengan memakai kertas A3, kemudian dibagi menjadi 4. Masing-masing kertas memiliki fungsi yang berbeda namun secara umum digunakan sebagai media cetak.

Ukuran kertas A5 dalam cm adalah 14,8 x 21 cm  atau dalam satuan milimeter/ mm berukuran 148 x 210. Ukuran Kertas A5 biasa diterapkan dalam membuat postcard ataupun undangan. Jenis kertas yang digunakan bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Rata-rata lebih menyukai art paper karena kualitasnya yang bagus serta ketebalannya yang beragam. Ukuran kertas A5 dalam pixel digunakan saat membuat desain untuk pembuatan brosur dan media promosi lainnya. Pemilihan ukuran A5 sangat pas, tidak terlalu kecil dan besar. Kertas jenis A adalah kertas yang sudah sesuai dengan standar internasional.

ukuran kertas A5

Tidak hanya untuk keperluan cetak saja, Ukuran kertas A5 dalam cm juga bisa Anda atur saat membuat dokumen menggunakan ms Word. Tidak perlu menuliskan ukurannya karena sudah ada pilihan yang tersedia. Tinggal klik saja Ukuran Kertas A5 cm dan page secara otomatis akan menyesuaikan. Pemakaiannya untuk pembuatan amplop di perkantoran yang sifatnya resmi. Atau jika ingin hasil yang lebih bagus, sebaiknya gunakan aplikasi desain. Berikut ini adalah daftar ukuran A5 dalam berbagai satuan.

Beragam Ukuran Kertas A5 dalam Berbagai Satuan

1. Ukuran A5 dalam cm
Ukuran Kertas A5 bisa didapatkan dengan mudah dengan membagi A4. Untuk memperoleh kertas dengan ukuran 14,8 x 21 cm tidaklah mudah. Anda harus membuatnya sendiri. Namun jika mencetaknya di digital printing, tinggal masukkan saja desainnya lalu otomatis Anda akan mendapatkan potongan yang rapi. Ukuran dalam cm ini paling mudah diingat dan paling banyak diterapkan di beberapa program desain.

2. Ukuran A5 dalam mm
Selain Ukuran Kertas A5 dalam cm, Anda juga dapat mengkonversikannya kedalam mm. Jika diubah kedalam satuan ini, maka ukuran A5 menjadi 148 x 210 mm. Luas bidang tersebut biasa digunakan untuk pembuatan brosur dan keperluan cetak lainnya. Dibandingkan dengan menggunakan A4, kertas ini jauh lebih minimalis sehingga menekan biaya produksi.

3. Ukuran A5 dalam pixel
Ada juga beberapa program aplikasi desain yang menggunakan Ukuran Kertas A5 dalam satuan pixel. Jika dikonversikan menjadi 1748 x 2480 pixels. Bila Anda membuat desain menggunakan photoshop, corel, dan lain-lain, tinggal pilih saja ukuran yang Anda inginkan tanpa perlu memasukkan angkanya. Jadi lebih menghemat waktu dan sudah pasti benar.

Pemanfaatan ukuran kertas A5 dalam cm memang lebih banyak digunakan untuk keperluan promo dalam bentuk media cetak. Namun sedari awal, desain yang dibuat harus menggunakan ukuran tersebut agar ketika proses cetak tidak mengalami perubahan. Bidang cetak sebagian besar adalah A3+, jadi pada finishing akan mengalami pemotongan agar hasilnya sesuai.

Baca juga : Ukuran kertas A4

Setelah mengetahui beberapa ukuran kertas A5 dalam satuan cm, mm, dan inch, kini Anda bisa mengaplikasikannya dengan mudah untuk berbagai keperluan. Pemilihan kertasnya juga bervariasi dengan ketebalan yang beragam. Saat melakukan pencetakan pastikan ukurannya benar. Karena jika kekecilan, maka desainnya akan terpotong. Begitu pula jika kebesaran maka harus dilakukan pemotongan terlebih dulu. Bila mencetak diluar harganya juga relatif terjangkau, bergantung pada pilihan bahan kertas.