Pengertian Variabel Penelitian, Macam Macam, dan Contohnya

Variabel Penelitian – Seorang peneliti dalam melakukan penelitian harus mempertimbangkan banyak hal agar mendapatkan hasil yang baik dalam membuktikan hipotesa yang ditawarkan dan mencari solusi atas kasus yang diteliti. Sebagai proses yang sistematis, dalam melakukan penelitian peneliti harus mengikuti sistem dan langkah-langkah kerja yang sudah ditentukan untuk mendapatkan fakta-fakta dari hasil kerja yang dilakukan.

Di dalam penelitian juga ada yang disebut sebagai variabel penelitian. Variabel dalam penelitian ini memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan hasil penelitian yang dilakukan. Lalu apa sebenarnya pengertian variabel ? dan apa saja macam macam variabel penelitian ? Berikut akan kami kupas tuntas ulasan lengkapnya.

Pengertian Variabel Menurut Para Ahli :

Pengertian variabel adalah sebuah variasi mutu, kuantitas serta standar pada sebuah fenomena yang bisa diukur. Untuk mengukur variabel ini juga bisa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda. Karena variabel adalah fenomena yang bisa berubah-ubah, maka segala sesuatu di dunia ini bisa juga disebut sebagai variabel, namun tergantung dari kualitas dari variabel itu sendiri.

variabel penelitianPengertian Variabel Penelitian :

Variabel penelitian adalah segala kondisi yang diobservasi dikontrol bahkan dimanipulasi oleh peneliti ketika melakukan penelitian, definisi ini menurut salah satu pakar yakni Y.W Best. Lebih khusus, Direktorat Pendidikan Tinggi Depdikbud mendefinisikannya sebagai semua hal yang dijadikan objek dalam penelitian. Dengan begitu variabel adalah komponen terpenting dalam melakukan sebuah penelitian.

Setelah mengetahui pengertian variabel penelitian, Anda juga perlu tahu bahwa variabel penelitian terdiri dari beragam jenis. Jenis variabel ini pun berbeda tergantung dari sifatnya. Salah satunya adalah variabel yang diperoleh dari hubungannya dengan variabel lain. Jenis ini kemudian dibagi lagi ke dalam dua jenis, yaitu variabel bebas dan variabel terikat.

Macam-macam Variabel dalam Penelitian 

Variabel bebas adalah suatu variabel yang memiliki pengaruh terhadap variabel lain, bisa jadi juga menyebabkan perubahan pada variabel lain. Perubahan pada variabel bebas ini juga akan mengakibatkan perubahan pada variabel lainnya. Sebagai sebuah komponen dalam penelitian, variabel adalah hal yang memiliki pengaruh paling penting dalam menentukan hasil penelitian. Karena itu, peneliti juga harus memilih variable dengan tepat.

Jenis kedua dari variabel yang dibedakan berdasarkan pengaruhnya terhadap variabel lain adalah variabel terikat. Berbeda dengan variabel sebelumnya, variabel ini adalah hasil ataupun akibat yang terjadi karena adanya manipulasi pada variabel bebas. Variabel terikat ini timbul karena adanya pengaruh dari variabel bebas. Dengan begitu bisa disimpulkan jika variabel bebas dan terikat memiliki hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lain. Satu lagi variabel yang masuk dalam kategori ini adalah variabel kontrol yang merupakan jenis variabel yang dibatasi agar tidak mempengaruhi hasil penelitian.

Contoh Variabel Penelitian

Beragamnya jenis-jenis penelitian yang dilakukan oleh setiap peneliti membuat banyaknya variabel penelitian yang digunakan juga bervariasi. Contoh variabel penelitian bisa beragam tergantung pada jenis penelitian yang dilakukan. Contoh variabel yang digunakan dalam penelitian ini juga bergantung pada objek penelitian serta hasil yang ingin didapatkan dari proses penelitian yang dilakukan tersebut. Berbeda jenis penelitian, objek penelitian tentu membutuhkan variabel penelitian yang berbeda pula.

Sebelum melakukan penelitian dari kasus ataupun masalah yang ingin diteliti untuk menemukan solusi dan mendapatkan fakta-fakta rasional dari masalah atau kasus yang diteliti, setiap peneliti pasti akan membuat rancangan penelitian terlebih dahulu.

Baca juga : Penelitian Kualitatif

Rancangan ini berisi tentang langkah kerja yang akan dilakukan, objek penelitian serta variabel penelitian yang akan digunakan. Semua komponen ini harus dipikirkan dengan matang bahkan sebelum memulai proses penelitian. Tujuannya tentu saja agar bisa mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan. Sekian informasi mengenai pengertian variabel penelitian beserta jenis jenis variabel dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Keyword:

variabel,variabel penelitian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *