Visi Misi adalah? Berikut Pengertian dan Perbedaan Visi dan Misi

Visi dan Misi – Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti sering mendengar dan bahkan menggunakan istilah visi atau misi. Kedua istilah ini biasanya sering dijumpai terutama dalam pemberitaan menjelang pesta demokrasi pemilihan umum. Namun, tahukah Anda apa itu sebenarnya visi misi dan apakah perbedaan yang membedakan keduanya atau kapan kedua istilah ini bisa digunakan? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. Sebelum mulai mempelajari tentang perbedaan antara visi dan misi, akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih dahulu pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Apa Itu Visi Misi dan Apa Perbedaan Keduanya ?

Secara bahasa dan dilihat dari pengertian di Kamus Besar Bahasa Indonesia, Visi memiliki banyak makna diantaranya adalah kemampuan untuk melihat inti dari sebuah persolan. KBBI juga mendefinisikan istilah ini sebagai sebuah kemampuan untuk melihat ke depan. Secara umum bisa diartikan sebagai pandangan yang jauh dari sebuah lembaga atau perusahaan atau individu yang digunakan sebagai sebuah tujuan serta apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

visi misi

Sedangkan misi, dapat diartikan usaha-usaha atau apa saja yang harus dilakukan, baik oleh lembaga, perusahaan ataupun individu untuk mewujudkan apa yang sudah menjadi visinya. Karena itulah biasanya antara visi dan misi harus dibuat sejalan. Misalnya, visi sebuah perusahaan adalah menjadikan perusahaan tersebut sebagai perusahaan global, maka misi perusahaan adalah apa-apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut.

Setelah mengetahui pengertian dari istilah visi misi, kini saatnya Anda mengetahui perbedaan visi dan misi tersebut. Jika dijabarkan, berikut ini adalah perbedaan dari kedua istilah ini.

Perbedaan Visi dan Misi :

1. Pengertian
Perbedaan visi misi yang pertama bisa dilihat dari pengertian visi dan misi itu sendiri. Jika Visi merupakan sebuah gambaran atau rencana masa depan, maka misi adalah cara-cara yang dilakukan untuk mencapai visi yang sudah ditentukan sebelumnya. Dari pengertian ini, biasanya antara visi misi selalu disusun secara sejalan.

2. Jangka Waktu
Perbedaan selanjutnya dari visi misi bisa dilihat dari jangka waktunya. Visi adalah rencana yang sifatnya jangka panjang yang bisa jadi adalah tujuan dari lembaga atau perusahaan maupun individu tersebut di dalam hidupnya. Sedangkan misi bisa dilakukan saat ini juga tergantung pada visi yang dibuatnya.

3. Sifatnya
Perbedaan visi dan misi yang terakhir bisa dilihat dari sifatnya. Visi biasanya cenderung bersifat lebih umum dan hanya berupa pernyataan sederhana namun berorientasi. Sedangkan misi bersifat lebih mendetail dan khusus. Biasanya berupa poin-poin tentang hal-hal apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan visinya. Karena itu visi dan misi harus dibuat saling melengkapi.

Contoh Visi dan Misi :

Untuk contoh visi misi sendiri sangat mudah dijumpai, mulai dari hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang yang lebih berat. Contoh yang paling mudah dijumpai adalah visi misi OSIS yang pasti dimiliki oleh setiap sekolah, baik tingkat menengah pertama maupun menengah atas. Visi serta misi yang disusun ini bertujuan untuk memberikan orientasi kepada para siswa dalam menjalankan kegiatan pembelajaran maupun berorganisasi di sekolah.

Baca juga : Analisis SWOT

Berdasarkan penjelasan di atas, kini Anda sudah bisa membedakan bukan antara visi dan misi. Keduanya adalah istilah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tak sedikit orang yang masih salah dalam menggunakan kedua istilah tersebut, karena tidak mengetahui apa sih sebenarnya kedua istilah ini dan apa pula perbedaannya. Dengan penjelasan di atas semoga bisa memberikan informasi lebih pada Anda yang sebelumnya belum mengetahui dan memahami istilah-istilah ini.

Hasil Pencarian:

visi misi