Pengertian Wawasan Nusantara , Konsep , Hakikat, dan Tujuannya

Wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografisnya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sikap inilah yang menjadi dasar perilaku dan perbuatan setiap penduduk dan warga Negara Indonesia. Namun, bagaimanakah pengertian wawasan nusantara yang bisa anda aplikasikan dalam kegiatan sehari-hari. Wawasan nusantara merupakan hal yang penting untuk diajarkan kepada generasi penerus bangsa ini.

Setiap anak bangsa wajib diajarkan untuk bisa dan memahami hakikat wawasan nusantara yang menjadi cara pandang dan sikap yang wajib dimiliki. Sikap-sikap terbaik yang harus dimiliki dan diajarkan dalam setiap sekolah dasar yang ada di Negara Indonesia ini. Berikut konsep, hakikat, tujuan dan fungsi wawasan nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara

wawasan nusantara

Secara umum, pengertian wawasan nusantara adalah lebih kepada cara menyikapi setiap permasalahan yang muncul dengan sikap dan cara yang diharapkan sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Wawasan nusantara adalah bertujuan agar setiap jiwa yang hidup di Negara ini memiliki dan tertanam benih nasionalisme yang kuat. Dengan jiwa nasionalisme yang kuat, segala hambatan yang muncul dan bertujuan mengikis jiwa anak bangsa akan dapat dipupuskan dengan mudah.

Wawasan nusantara pada dasarnya adalah merupakan dasar pengetahuan bagi anak-anak bangsa untuk hidup di suatu Negara agar tetap menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan. Dapat dikatakan bahwa hakikat wawasan nusantara yang dituangkan ke dalam cara pandang yang mengutamakan keutuhan persatuan dan kesatuan dapat menjadi satu penyelamat ketika isu atau problem perpecahan muncul.

Konsep Wawasan Nusantara

Konsep wawasan nusantara diawali dari beragamnya latar belakang bangsa Indonesia. Dari berbagai macam suku, budaya, ras, letak wilayah dan histori bangsa, memunculkan konsep dimana Negara ini harus memiliki cara pandang atau cara berfikir yang sama mengenai persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan menguasai konsep dasar munculnya pemikiran tersebut, maka tujuan wawasan nusantara akan lebih mudah dicapai.

Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia dapat dimaknai sebagai perbedaan latar belakang politik yang tidak menjadi permasalahan dalam berkecimpungnya seorang warga Negara dalam upaya berpolitik. Tidak bisa dipungkiri, politik adalah hal atau isu yang sensitif. Dalam hal inilah, wawasan nusantara menjadi satu faktor penguat dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Konsep wawasan nusantara lebih mudah dipahami jika diaplikasikan ke dalam suatu rumusan atau peraturan yang diterapkan. Sebagai contohnya ketika diadakan musyawarah untuk mufakat, warga Indonesia tidak perlu mempermasalahkan apalagi memperdebatkan mengenai perbedaan suku, bangsa atau pun bahasa yang demikian hal itu akan dapat menyulut perpecahan. Disinilah fungsi wawasan nusantara mengambil peran aktifnya.

Tujuan dan Fungsi Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara seperti telah disebutkan diatas adalah agar semua warga Negara memiliki nilai nasionalisme yang sama terhadap Negara ini. Tujuan tersebut dapat dicapai jika semua warga Negara memiliki pemahaman dan pengertian wawasan nusantara yang sama dan dalam satu pemikiran yang serupa.

Fungsi wawasan nusantara terbagi menjadi beberapa aspek yaitu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Salah satu fungsi yang paling dominan yaitu bahwa wawasan nusantara adalah sebagai fungsi pedoman, motivasi, petunjuk-petunjuk dalam pengambilan keputusan bersama, tindakan hingga perbuatan yang akan dilakukan.

Seperti telah disebutkan diatas, wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia menjadi salah satu contoh kehidupan bangsa yang majemuk. Hal inilah yang dapat dikatakan sebagai implementasi wawasan nusantara.

Baca juga : Otonomi Daerah

Itulah sedikit uraian singkat mengenai wawasan nusantara yang menjadi pendidikan dasar yang harus dimiliki semua warga Negara Indonesia. Dan implementasi wawasan nusantara yang sedikit disebutkan diatas dapat menjadikan pelajaran yang bisa dimengerti bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *